Blog

Mengenalkan Bahasa Inggris untuk Anak

Kemampuan bahasa anak perlu dikembangkan sejak dini. Usia lima tahun pertama merupakan masa yang penting dalam pemerolehan bahasa bagi anak karena merupakan periode emas atau golden age. Pada usia lima tahun pertama ini, anak memiliki kemampuan photographic memory yaitu anak memiliki kemampuan mengingat seperti mata kamera sehingga diperlukan stimulus yang menarik & menyenangkan bagi anak agar otak anak dapat berkembang dengan pesat dan kemampuan berbahasa anak juga berkembang sesuai dengan tahapan usia anak. Anak perlu menguasai bahasa agar dapat menyampaikan yang diinginkan atau diperlukan oleh anak. Selain itu, dengan memiliki kemampuan berbahasa yang baik maka anak dapat berinteraksi dengan lingkungannya sehingga mampu mengekspesikan diri melalui kemampuan berbahasa dan mengembangkan kemampuan sosial anak.

Bahasa asing seperti bahasa Inggris dapat mulai diperkenalkan pada anak mulai usia 4-12 tahun. Usia 4-12 tahun merupakan usia yang prima dalam belajar bahasa Inggris. Dimulai usai 4 tahun, bahasa Inggris diperkenalkan melalui kegiatan bermain dengan menggunakan alat permainan edukatif (bisa benda berbentuk buah-buahan, boneka, gambar, dll) sehingga anak belajar kosakata bahasa Inggris dengan cara yang menarik & menyenangkan, contohnya guru menunjukan satu buah apel berwarna merah kepada anak & menyebutkan nama buah, jumlah, bentuk, warna dan rasa apel tersebut dalam bahasa Inggris. Cara ini akan membantu anak dengan mudah mengingat atau mengafal kosakata dalam bahasa Inggris. Model pembelajaran dapat mulai bervariasi saat anak mencapai usia 7-12 tahun. Puncaknya usia 12-15 tahun & ini merupakan tahap kedua bagi anak untuk lebih intensif dalam belajar bahasa Inggris karena setelah usia 15 tahun kemampuan untuk menyerap materi pembelajaran lebih sulit bila dibandingkan dengan usia sebelumnya.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anak seperti mendengarkan musik & lagu anak dalam bahasa Inggris, menggunakan alat permainan edukatif (buah, sayuran, gambar, boneka, dll) untuk menggenalkan kosakata baru dalam bahasa Inggris, membacakan cerita dengan gambar dan tulisan berbahasa Inggris untuk anak, dll. Banyak metode dan media lainnya yang dapat digunakan orangtua untuk menstimulus kemampuan bahasa Inggris anak dari usia pra sekolah & pada usia sekolah, orangtua dapat memasukan anak ke tempat kursus bahasa Inggris agar kemampuan berbahasa Inggris anak berkembang lebih baik. Namun hal terpenting yang perlu diingat oleh orangtua adalah tidak memaksa anak untuk belajar bahasa Inggris karena anak akan merasa tertekan untuk belajar bahasa Inggris sehingga anak menjadi malas, takut atau bahkan mungkin trauma untuk belajar bahasa Inggris.

dosen-gita

 

Dr. Brigitta Puridawaty, S.Psi., M.Pd
Kaprodi PG-PAUD

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *